Assalamu'alaikum wr.wb , Bismillah... halo semua bertemu lagi dengan beginner-designer wanna-be yang super geje ini sekarang saya lagi ingin share tentang manajemen hak akses pada Linux Ubuntu, yang baru saya pelajari minggu lalu dari praktikum Sistem Operasi , tapi sebelumnya kita mesti tau dulu apa sih hak akses?

Hak akses adalah Hak akses bisa dibilang sebuah hak yang diberikan pada seluruh User atau file untuk melakukan sesuatu akses. Jadi Hak akses ini dapat diatur sedemikian rupa supaya file atau direktori itu hanya bisa di read, atau write, dan execute. Selain itu kita juga bisa mengatur bagaimana hak akses dari setiap user pada suatu file, atau direktori. 

Yap! Betul hak akses dalam Linux Ubuntu dibagi menjadi tiga yaitu, owner/user, others dan group.

User: username dari orang yang memiliki file tersebut. Secara default, pengguna yang menciptakan file tersebut akan menjadi pemiliknya.

Grup: Grup User yang memiliki file tersebut. Semua pengguna yang termasuk ke dalam kelompok yang memiliki file tersebut akan memiliki hak akses yang sama ke file.  Hal  ini  berguna  jika,  misalnya,  Anda  memiliki  proyek  yang  membutuhkan banyak pengguna yang berbeda untuk dapat mengakses file tertentu, sementara yang lain tidak bisa. Dalam hal ini, Anda akan menambahkan semua pengguna ke dalam kelompok yang sama, pastikan file yang dibutuhkan dimiliki oleh kelompok itu, dan mengatur hak akses sesuai grup file tersebut.

Other: Seorang pengguna yang bukan pemilik file tersebut dan tidak termasuk dalam kelompok yang sama. Dengan kata lain, jika Anda menetapkan izin untuk kategori "other", itu akan mempengaruhi orang lain secara default.
Dalam mengatur Hak Akses ada dua cara untuk mengatur Hak Akses dengan mode simbolik dan mode numerik Anda dapat mengatur hak akses file dengan perintah chmod.

  • Mode  Simbolik
Mode ini cukup  mudah  diingat.  Pertama,  Anda  memutuskan  apakah  Anda mengatur hak akses bagi pengguna (u), kelompok (g), lainnya (o), atau ketiganya (a). Kemudian, Anda menambahkan izin (+), hapus (-), atau menghapus izin sebelumnya dan menambahkan  yang  baru  (=). Selanjutnya,  Anda  memutuskan  apakah  Anda mengatur izin read (r), write (w), atau execute (x). Terakhir, Anda akan memberitahu chmod, hak akses file mana yang ingin Anda ubah.


  • Mode Numerik
Mode  lain  dimana  chmod  dapat  digunakan  adalah  mode  numerik.  Dalam  mode numerik, hak akses file tidak diwakili oleh karakter. Sebaliknya, mereka diwakili oleh tiga digit nomor oktal.
4 = read (r)
2 = write (w)
1 = execute (x)
0 = tidak ada izin (-)
Untuk mendapatkan bit permission yang Anda inginkan, Anda menjumlahkan angka yang sesuai dengan hak aksesnya. Misalnya, izin rwx adalah 4 +2 +1 = 7, rx adalah 4 +1 = 5, dan rw adalah 4 +2 = 6. Biar lebih enak liat gambar dibawah ini!

Contoh Screenshotnya liat contoh dibawah ini dengan Mode Numerik!
Buat File hak.txt dan intip isinya dengan ls -l
 
Mengganti Semua Hak Akses Menjadi Read

Mengganti Hak Akses Ownersnya Menjadi Read dan Execute
More to Update Later...

0 comments: