Halo! Bertemu lagi dengan saya si aneh yang senang mendesain sesuatu yang aneh because art comes from a weird people who loves to try something new better than some general people who can just talk  ini dalam suatu tugas Sistem Operasi~ menjelaskan Perintah Perintah Proses di Linux Debian (karena saya toh pake Debian) ,langsung saja silahkan dinikmati~

Instruksi ps (process status) digunakan untuk melihat kondisi proses yang ada. PID adalah Nomor  Identitas  Proses,  TTY  adalah  nama  terminal  dimana  proses  tersebut  aktif,  STAT berisi S (Sleeping) dan R (Running), COMMAND merupakan instruksi yang digunakan.
PS
Untuk melihat faktor/elemen lainnya, gunakan option  –u (user). %CPU adalah presentasi CPU time yang digunakan oleh proses tersebut, %MEM adalah presentasi system memori yang  digunakan  proses,  SIZE  adalah  jumlah  memori  yang  digunakan,  RSS  (Real  System Storage)  adalah  jumlah  memori  yang  digunakan,  START  adalah  kapan  proses  tersebut diaktifkan.


PS U

PS -A

PS AU

PS AUX

 TOP
HTOP
untuk  install  htop  ketik  command  sudo  apt-get  install  htop  (perlu  koneksi internet)
UNTUK KELUAR DARI PROSES INI CUKUP KLIK CTRL+C
 PSTREE


PS -eH
Menampilkan hubungan proses parent dan child

PS -eF
Menampilkan hubungan proses parent dan child serta letak prosesnya  
KILL
Kita akan mencoba mematikan proses iceweasel, caranya dengan ps -eH kita akan melihat proses yang sedang berjalan beserta melihati PIDnya, dan didapatlah hasil seperti dibawah ini :

$ kill %<nomor job> contoh : kill %1
$ kill <PID> contoh : kill 1908
$ pkill <nama proses> contoh : pkill firefox
$ pkillall <nama proses> contoh : pkillall firefox


RENICE
Sama caranya seperti kill, RENICE berfungsi untuk mengubah prioritas pada suatu proses



0 comments: