{ Pentingnya Bisnis Plan } 

“Apa sih bisnis plan?”


"A business plan is a selling document that conveys the excitement and promise of your business to any potential backers or stake¬holders”. (Bygrave 1994: 114)


atau bahasa Indonesianya adalah dokumen yang disediakan oleh enterpreuner yang memuat rincian tentang masa lalu, keadaan sekarang dan kecenderungan masa depan dari sebuah perusahaan. Isinya mencakup analisis tentang manajerial, keadaan fisik bangunan, karyawan, produk, sumber permodalan, informasi tentang jalannya perusahaan selama ini dan posisi pasar dari perusahaan. 


Lebih simpelnya lagi , bisnis plan adalah sebuah perencanaan yang kita buat saat kita sedang menjalani suatu bisnis kewirausahaan dengan mencantumkan selengkap lengkapnya mulai dari tujuan besar, cara menggapainya, rencana anggaran bahkan prediksi saingan kedepannya. 

“Bisnis Plan itu hanya sebuah rencana kan? Yah kenapa ga kita jalanin aja?,pakai Bisnis Plan kan cuman bikin ribet” 

Tidak bisa begitu! kalau kita jalankan tanpa rencana niscaya tidak akan berhasil , meskipun berhasil tapi layaknya hidup tanpa tujuan kita tidak akan mendapat apa apa, tidak apa meski hanya rancangan kasar asalkan lengkap dan itu lebih baik daripada tidak punya tujuan kan? nah untuk lebih meyakinkan sebenarnya apa sih fungsi konkrit bisnis plan? 


  1. Penentu tujuan , itu sudah pasti! setiap membuat sesuatu kita pasti menentukan tujuan bahkan kita harus membuat tujuan dalam melakukan sesuatu.
  2. Penentu arah, setelah mempunyai tujuan, kita harus punya arah. Ya! arah untuk menggapai tujuan kita mau pergi ke arah mana, masalah dan resiko apa yang akan dialami apabila kita mengambil salah satu arah dan hasilnya harus bisa kita prediksi, itu semua ada dalam bisnis plan. 
  3. Penentu cara, selain arah kita juga harus menetukan “cara” apa yang akan kita pakai dalam menggapai tujuan. 
  4. Memanage segala hal, mulai dari memanage sumber daya manusia, waktu dan tempat, meskipun kita memulai bisnis dari modal yang sangat minim bahkan dari nol kita bisa berhasil asalkan bisnis plan kita bagus, jadi jangan takut untuk memulai wirausaha. 
  5. Pengingat dan penambah motivasi, nah! apabila kita kehilangan arah dan cara maka bisnis plan berfungsi sebagai pengingat agar kita tidak kehilangan arah juga sebagai penambah motivasi agar ketika kita jatuh, kita bisa bangkit kembali dengan mengingat rencana dan tujuan yang sudah kita pikirkan dengan matang . 
  6. SWOT, Strength (S) , Weakness (W) Opportunity (O) Threatment(T). Dengan adanya bisnis plan kita bisa tahu kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman kita. 

“Meski bikin plan tapi,belum tentu sesuai kan? terus ngapain bikin plan kalo pada akhirnya ga sesuai?” 

Tidak ada sesuatu yang sia-sia apabila kita lakukan dengan serius dan sungguh-sungguh, meskipun misalnya bisnis plan kita tidak sesuai.. bahkan gagal jangan takut untuk menghadapi kegagalan , terus percaya diri dan terus mencoba adalah jalan keluarnya, asal kita terus terusan mencoba dan pantang menyerah maka pasti ada
jalan tapi itu bukan berarti kita melakukan hal yang sama terus menerus , kita harus bisa introspeksi dari bisnis plan yang kita buat, terus mengkaji dan memberikan alternatif yang banyak. 

“Terus bagaimana cara membuat bisnis plan yang baik?” 


Menurut buku Gema Wirausaha ada 10 tips untuk membuat bisnis plan yang baik
  1. Tentukan mengapa Anda menulis rencana bisnis tersebut. 
  2. Tentukan gambaran intinya. 
  3. Cari semua informasi yang terkait dari berbagai sumber. 
  4. Cukup ketik! Mulailah mengetik pikiran, gagasan, kata, pertanyaan dan setiap bagian dari garis besar rencana bisnis Anda. 
  5. Siapkan draf rencana bisnis Anda. 
  6. Lakukan Research. 
  7. Mulai berpikir tentang angka-angka. 
  8. Menulis rancangan akhir dan menetapkan biaya. 
  9. Menetapkan tenggang waktu. 
  10. Finishing. 
yah inilah tulisan sederhana dan berantakan dari saya....sekian,semoga bisa bermanfaat.
Nama : Puji Rahmah S.
NIM: 1202334
Pendidikan Ilmu Komputer B
Kewirausahaan

0 comments: